cahya islam

Tanda-Tanda Husnul Khotimah

Posted on: 8 Mei 2009

Kematian merupakan suatu hal yang telah ditakdirkan oleh Allah swt. Setiap makhluk pasti akan kembali kepada-Nya. Dan setiap muslim yang beriman tentunya ingin kembali ke pangkuan Illahi dalam kondisi yang baik dan diridhoi oleh Allah swt, atau husnul khotimah. Sebagai makhluk ciptaan-Nya kita hanya bisa berdoa kepada Allah swt agar diberikan akhir yang baik pada hidup kita di dunia. Allah swt telah menetapkan tanda-tanda husnul khotimah. Berikut ini adalah tanda-tanda husnul khotimah serta golongan-golongan yang akan mendapatkannya:

1. Mengucapkan kalimat syahadat ketika wafat

Rasulullah bersabda:”Barangsiapa yang pada akhir kalimatnya mengucapkan “Laa ilaaha illallah” maka ia dimasukkan ke dalam surga.” (HR. Hakim)
2. Ketika wafat dahinya berkeringat

Hal ini berdasarkan hadits dari Buraidah Ibnul Khasib, adalah dahulu ketika Buraidah di Khurasan, menengok saudaranya yang tengah sakit, namun didapatinya ia telah wafat, dan terlihat pada jidatnya berkeringat, kemudian ia berkata,”Allahu Akbar, sungguh aku telah mendengar Rasulullah bersabda: “Matinya seorang mukmin adalah dengan berkeringat dahinya.” (HR. Ahmad, AN-Nasai, at-Tirmidzi, Ibnu MAjah, Ibnu Hibban, Al-Hakim dan ath-Thayalusi dari Abdullah bin Mas’ud)
3. Wafat pada malam Jumat

Rasulullah saw bersabda: “Tidaklah seorang muslim yang wafat pada hari jumat atau pada malam jumat kecuali pastilah Allah menghindarkannya dari siksa kubur.” (HR. Ahmad)
4. Mati syahid dalam medan perang dan berjuang di jalan Allah

Hal ini terdapat dalam firman Allah swt: “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka hidup disisi Tuhan-Nya dengan mendapat rezeki, mereka dalam keadaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikanNya kepada mereka dan mereka bergirang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal dibelakang yang belum menyusul mereka bahwa tidak ada kekawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati. Mereka bergirang hati dengan nikmat dan karunia yang besar dari Allah dan bahwa Allah tidak menyia-nyiakan pahal orang-orang yang beriman.” (Ali Imran:169-171)

Selain itu, terdapat pula dalam hadits sebagai berikut:

Rasulullah saw bersabda: “Bagi orang yang mati syahid ada 6 keistimewaan yaitu: diampuni dosanya sejak mulai pertama darahnya mengucur, melihat tempatnya di dalam surga, dilindungi dari adzab kubur, dan terjamin keamanannya dari malapetaka besar, merasakan kemanisan iman, dikawinkan dengan bidadari, dan diperkenankan memberikan syafa’at bagi 70 orang kerabatnya.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Seorang sahabat Rasulullah berkata: “Ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah dan berkata: Wahai Rasulullah mengapa orang mukmin mengalami fitnah di kuburan mereka kecuali yang mati syahid? Beliau menjawab: Cukuplah ia menghadapi gemerlapnya pedang di atas kepalanya sebagai fitnah.”  (HR. an-Nasai)
Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa yang memohon mati syahid kepada Allah dengan sungguh-sungguh, maka Allah akan menyampaikannya derajat para syuhada sekalipun ia mati diatas ranjangnya.” (HR. Imam Muslim dan al-Baihaqi)
5. Wafat karena tenggelam serta karena penyakit tertentu seperti kolera, tuberculosis (TBC), dan busung perut

Rasulullah saw bersabda: “Mati di jalan Allah adalah syahid, dan perempuan yang mati ketika tengah melahirkan adalah syahid, mati karena terbakar adalah syahid, mati karena tenggelam adalah syahid, mati karena penyakit TBC adalah syahid, dan mati karena penyakit perut adalah syahid.” (HR.Thabrani)

Dari Hafshah binti Sirin bahwa Anas bin Malik berkata: “Bagaimana Yahya bin Umrah mati? Aku jawab: “Karena terserang penyakit kolera.” ia berkata: Rasulullah telah bersabda: penyakit kolera adalah penyebab mati syahid bagi setiap muslim.” (HR. Bukhari, ath-Thayalusi dan Ahmad)

Aisyah bertanya kepada Rasulullah saw tentang penyakit kolera. Lalu beliau menjawab;”Adalah dahulunya penyakit kolera merupakan adzab yang Allah timpakan kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya kemudia Dia jadikan sebagai rahmat bagi kaum mukmin. Maka tidaklah seorang hamba yang dilanda wabah kolera lalu ia menetap dikampungnya dengan penuh kesabaran dan mengetahui bahwa tidak akan menimpanya kecuali apa yang Allah tetapkan baginya pahala orang yang mati syahid”(HR. Bukhari, al-Baihaqi dan Ahmad)
6. Perempuan yang wafat karena melahirkan

Dari Ubadah ibnush Shamit ra bahwa Rasulullah saw menjenguk Abdullah bin Rawahah yang tidak bisa beranjak dari pembaringannya, kemudian beliau bertanya : “Tahukah kalian siapa syuhada dari ummatku? Orang-orang yang ada menjawab: Muslim yang mati terbunuh” Beliau bersabda: “Kalau hanya itu para syuhada dari ummatku hanya sedikit. Muslim yang mati terbunuh adalah syahid, dan mati karena penyakit kolera adalah syahid, begitu pula perempuan yang mati karena bersalin adalah syahid (anaknya yang akan menariknya dengan tali pusarnya kesurga).” (HR. Ahmad, Darimi, dan ath-Thayalusi)
7. Wafat karena mempertahankan harta dari perampok

Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang mati karena mempertahankan hartanya adalah syahid.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu DAud, an-Nasa’i, at-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Abu Hurairah berkata, seorang laki-laki datang kepada Rasulullah saw seraya berkata: “Ya, Rasulullah, beritahukanlah kepadaku bagaimana bila ada seseorang yang datang dan akan merampas hartaku” Beliau menjawab: “jangan engkau berikan”  Ia bertanya; bagaimana kalau ia membunuhku? Beliau menjawab: Engkau mati syahid. Orang itu bertanya kembali; Bagaimana kalau aku yang membunuhnya? Beliau menjawab:  ia masuk neraka.” (HR. Imam Muslim, an-Nasa’i dan Ahmad)
8. Mati dalam membela agama dan jiwa

Rasulullah saw bersanda: “Barangsiapa mati terbunuh dalam membela hartanya maka ia mati syahid, dan siapa saja yang mati dalam membela keluarganya maka ia mati syahid, dan barang siapa yang mati dlam rangka membela agama(keyakinannya) maka ia mati syahid, dan siapa saja yang mati mempertahankan darah (jiwanya) maka ia syahid.” (HR. Abu Daud, an-Nasa’i, at-tirmidzi, dan Ahmad)
9. Orang yang selalu mengerjakan amal saleh hingga akhir hidupnya, termasuk meninggal dalam keadaan sedang menjalankan ibadah kepada Allah swt.

Dari Ali bin Abi Tholib ra, dia berkata : “Suatu hari saya akan menunaikan sholat subuh di masjid bersama Rasulullah saw, tapi di tengah jalan aku bertemu dengan seseorang yang sudah renta juga mau ke masjid untuk menunaikan sholat subuh, aku terus berjalan di belakangnya, dan ketika kami berdua sampai di masjid ternyata sholat berjamaah sudah usai, akhirnya aku sholat subuh berjamaah dengan kakek itu, dan ketika aku salam tahiyyat akhir si kakek tetap bersujud dan ternyata si kakek telah meninggal dunia, lalu para sahabat bertanya kepada Rasulullah saw, “Ya Rasulullah, bagaimana keadaan kakek ini di akhirat?” Rasulullah saw menjawab, “Dia masuk surga” (HR Ahmad & Daruqutni)
10. Ketika wafat, wajahnya terlihat tenang, damai, dan tersenyum seolah-olah ia melihat bidadari di syurga

Dari Abu Darda ra, Rasulullah saw bersabda: “Tidak akan keluar ruhnya seorang mukmin sampai dia melihat tempatnya di surga, dan tidak akan keluar ruhnya seorang kafir sampai dia melihat tempatnya di neraka” (HR Al-Baihaqi)

About these ads

34 Tanggapan to "Tanda-Tanda Husnul Khotimah"

Tulisan yang menyejukkan. Salam kenal

Alhamdulillah Amin.Mga kta meninggal dlm keadaan husnul khatimah Amin Y Rabb…

Subhanallah… smoga qta meninggal husnul hotimah. blog yg bagus… :-)

mudah-mudahan kita termasuk yang mati dalam husnul khatimah…

ana sarankan kalau tertulis kata Allah,Rasulullah dan nama Para shabat tolong jangan di singkat kata-kata setelahnya seperti swt,saw dan ra. tulis yang sempurna apalagi ketika menyebutkan nama rasulullah tulis “shallallahu ‘alaihi wa sallam” biar kita dapat pahala bershalawat kepada beliau,untuk lebih jelas baca di sini http://www.darussalaf.or.id/stories.php?id=1099 atau antum bisa googling dengan kata kunci “hukum menyingkat shalawat”.

Salam kenal,
Mudah-mudahan kita diakhir hayat menjadi husnul khatimah, bukan khusnul khatimah. amin

@Ziadi Nor & Dedekusn: amiin. terimakasih sudah berkunjung ke blog ana.

@Saliem87: Amiin. terimakasih untuk sarannya. Insya Allah akan ana aplikasikan. Jazakaullah.

@Boy: amiin. mungkin maksudnya, Mudah-mudahan kita diakhir hayat menjadi husnul khatimah, bukan su’ul khatimah(nauzubillahiminzalik).

semoga kita diberi khusnul khotimah. Amin.

Ya Robb…jadikan ibadahku tidak sia-sia…ijinkan aku mati dijalan Mu ya Robb..Subhanaullah wabihamdihi..taubatku pada Mu ya Robb..

wafatkan kami dalam khusnul khotimah Ya Allah…

[...] : http://cahyaislam.wordpress.com/2009/05/08/tanda-tanda-husnul-khotimah/ Share this:FacebookTwitterLike this:SukaBe the first to like this post. Filed under Tulisan | [...]

[...] : http://cahyaislam.wordpress.com/2009/05/08/tanda-tanda-husnul-khotimah/ Like this:LikeBe the first to like this [...]

allhamdulilah semoga kita umat islam…meningal secara husnul khotimah
amien ya allah…

Tpi apakah saat hembusan nafas terakhir pada orng yg meninggal dan ia mengingat hal selain Allah termasuk mati husnul khotimah ?

http://www.manbauladhim.byethost7.com/Iman%20Versus-1.html

semoga kita semua dalam lindungan allah swt.

Asalamulaikum wbt.mohon izin saya copy ya?

Mohon share ya.

assalamu’alaikum salam kenal mohon izin share

Allahummahtim lana ya Allah… Bihusnil khotimah ,amin

ya allah, jadikan lah hamba mu ini mati dalam keadaan salah satu khusnul khotimah.

RabbanaAttinnaFitduniaHasanahWafilAqiratiHasanahTawaqinaAzzabbanar AMIN:)

Allahu akbar..
Ya Allah jadikanlah akhir hidup hamba khusnul khatimah..

Amiin…

Allahu akbar..
Jadikanlah akhir hidup hamba khusnul khatimah..
Amiin..

klo karena kebut2an naek motor?

Itu namanya mati konyol…

Subhanallah..
Mudah2an aku juga meninggal dlm husnul khotimah ..
Amin

Yaa Allah Yaa Malikul Quddus ,, Cabutlah Nyawa hamba anda dlm keadaan khusnul khotimah bgtu Jg dgn kedua orang Tua hamba ,istri & anak Hamba, saudara , keluarga besar Hamba , serta seluruh Kaum Muslimin & muslimat ,,
Ashadu Allah ilaa ha’illallah waa Ashadu anna Muhamma darrasulullah

aku pengen meninggal aku nanti dlm keadaan husnul khatimah :’)

mksh byk infonya…sangat bermanfaat…ijin share y…smg qt smua bs dipanggil olehNYA dalam kondisi husnul khotimah…
آمِيّنْ… آمِيّنْ… يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْن

Membantu Sekali., :)

سُبْحَانَ اللَّهِ
Insha Allah kita kembali kehadirat-Nya dalam keadaan khusnul khatimah.

آَمِيّـٍـِـنْ… آَمِيّـٍـِـنْ يَآرَبْ آلٌعَآلَمِِيِن

Subhanallah…Semoga semua umat manusia mati secara husnul khotimah agar kelak dpt berkumpul disurgamu ya اللّهُ …amin…

Masya Allah.. semoga hamba dan keluarga termasuk dalam orang2 saleh dan kembali kepada Nya dengan khusnul Khotimah.. aamiin ya Rabb

seandai nya aku bertemu nabi muhamad subahanalah terimakasih atas informasi nya agar saya pengalaman

Subhannaallah. Sy, hj Bambang Priyono 67th. Hj th.2007. Hp 081310344202, rmh Bogor. Asli Salatiga. 7Allhdllh, setelah sy puasa Romadhon; Syawal di ajak anak dy. Skr sy berlanjut SHOLAT TAHAJUD. Alhdllah, krn Allah, sy baca husnul khotimah. Insyaallah, mndpt semua yg membaca, jg anak dsn istri. Amin

Semoga kita mati dalam keadaan khusnul khotimah.amin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Status YM Saya

Kategori

Renungan di Twitter

  • Sesungguhnya menyambung tali silaturahmi itu adalah kunci kelapangan rizki dan dipanjangkannya umur (HR. Bukhari, shahih) 5 years ago
  • .....dan tiada taufiq bagiku melainkan dari Allah swt.... 5 years ago
  • "Sampaikanlah walau satu ayat" 5 years ago
  • Brngsiapa mncintai krn Allah,membnci krn Allah,memberi krn Allah,& mnahan pmberian krn Allah, sngguh ía tlh rnnympurnakn imanya(HR.Abu Daud) 5 years ago
  • “Tidak ada yang lebih berat timbangan seorang hamba pada hari kiamat melebihi keluhuran akhlaknya.” (HR. Abu Daud dan AT-Tirmizi) 5 years ago

Arsip

Mei 2009
J S M S S R K
« Apr   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Statistik Blog

  • 1,069,763 hits

Halaman

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 80 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: