cahya islam

Rahmat Allah swt

Posted on: 17 Mei 2009

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang
Segala puji bagi Allah swt, yang telah memberikan kita nikmat hidup di dunia ini. Udara yang kita hirup, bumi dan langit yang luas, panca indera yang bermanfaat, makanan dan minuman yang lezat, harta yang melimpah, dan berbagai nikmat lainnya, merupakan rahmat Allah yang harus kita syukuri.

Kita telah diberikan kesempatan oleh Allah swt untuk hidup di dunia hingga detik ini, dengan keadaan sehat wal’afiat, mampu bekerja, dan menikmati hasil kerja keras kita, bukanlah semata karena kehebatan yang ada pada diri kita, tetapi karena rahmat Allah yang diberikan melalui tubuh kita ini. Oleh karena itu, bila kita merasa hebat lalu melupakan Pencipta kita, cepat-cepatlah memohon ampunan kepada Allah swt. Karena ampunan itu datangnya hanyalah karena rahmat Allah swt. Allah swt berfirman, “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.”  (QS. Ali Imran:133)

Rahmat Allah adalah kebaikan yang datangnya dari Allah swt. Rahmat Allah tersebut merupakan wujud dari kasih sayang Allah swt terhadap makhluk-Nya. Allah swt memberikan kita berbagai kenikmatan, salah satunya yaitu nikmat islam. Umat Islam yang selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya akan selalu mendapatkan rahmat Allah dan keberkahan yang tiada tara.

Untuk selalu mendapatkan rahmat Allah, seorang muslim haruslah senantiasa mengingat Allah, berdzikir dan menyebut nama Allah dengan ikhlas. Dengan mengharap ridho Allah, seorang muslim yang beriman Insya Allah akan selalu mendapatkan rahmat Allah swt. Betapa besar rahmat Allah kepada kita.  Maka siapa yang mengharap mendapat rahmat Allah dan bertemu kepada Tuhan-Nya, maka hendaklah beramal soleh.

Dengan adanya rahmat Allah swt, Rasulullah saw memerintahkan kita untuk bersyukur kepada Allah swt yang telah memuliakan kita dengan rahmat-Nya dan rahmat amal soleh, sebab siapa yang mengharapkan rahmat Allah swt harus beramal mengikut petunjukNya untuk mencapai rahmat Allah swt. Allah swt berfirman: “Sesungguhnya rahmat Allah itu dekat pada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al A’raf:56)

Berikut ini beberapa hadits mengenai rahmat Allah:

Dari Abu Hurairah ra berkata: “Saya telah mendengar Rasulullah saw  bersabda, “Rahmat Allah terdapat dalam seratus bagian, maka ditahan pada-Nya yang sembilan puluh sembilan dan diturunkan di bumi satu bagian, maka dengan satu bagian itu masing-masing makhluk berkasih sayang sehingga kuda mengangkat kakinya karena kuatir menginjak anaknya.” (HR. Muslim)

Rasulullah s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah mempunyai seratus rahmat, diturunkan ke bumi hanya satu  rahmat untuk penduduk dunia, maka mencukupi hingga habis ajal mereka, dan Allah akan mencabut rahmat itu yang satu pada hari kiamat untuk menggenapkan pada yang sembilan puluh sembilan, untuk diberikannya kepada para wali dan ahli taat kepada-Nya.” (HR. Muslim)

Dari abu hurairah ra. ia berkata:  Rasulullah saw bersabda,” Tatkala Allah menciptakan makhluk, Ia menulis pada suatu kitab, kitab itu berada di sisi-Nya di atas Arasy, bertuliskan:  Sesungguhnya rahmat-Ku mengalahkan murka-Ku (HR. Bukhari dan Muslim)

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda: ”Tidak seorang pun di antara kalian yang akan diselamatkan  oleh amal perbuatannya. Seorang lelaki bertanya: Engkau pun tidak, wahai Rasulullah? Rasulullah saw menjawab: Aku juga tidak, hanya saja Allah melimpahkan rahmat-Nya kepadaku, akan tetapi tetaplah kalian berusaha berbuat dan berkata yang benar.” (HR. Muslim)

About these ads

3 Tanggapan to "Rahmat Allah swt"

thanks. utk peringatan bersama~ wassalam

semoga allah menurunkan rahmatnya bagi kita semua….amin

Subhanallah ….
semoga curahan ridho,ampunan dan rahmat Allah SWT
senantiasa maha penyelamat
dunia dan akhirat insyaAllah
yaa muqolibal qulub shabit qolbi aladzinika wa’alatho’a tika subhanaka inikungtu minadollimiin… Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Status YM Saya

Kategori

Renungan di Twitter

  • Sesungguhnya menyambung tali silaturahmi itu adalah kunci kelapangan rizki dan dipanjangkannya umur (HR. Bukhari, shahih) 5 years ago
  • .....dan tiada taufiq bagiku melainkan dari Allah swt.... 5 years ago
  • "Sampaikanlah walau satu ayat" 5 years ago
  • Brngsiapa mncintai krn Allah,membnci krn Allah,memberi krn Allah,& mnahan pmberian krn Allah, sngguh ía tlh rnnympurnakn imanya(HR.Abu Daud) 5 years ago
  • “Tidak ada yang lebih berat timbangan seorang hamba pada hari kiamat melebihi keluhuran akhlaknya.” (HR. Abu Daud dan AT-Tirmizi) 5 years ago

Arsip

Mei 2009
J S M S S R K
« Apr   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Statistik Blog

  • 1,025,048 hits

Halaman

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: