cahya islam

Sholat Hajat

Posted on: 18 Mei 2009

“Barangsiapa yang memunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak cucu adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian sholat dua rakaat (sholat Hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan salawat kepada Nabi saw. Setelah itu, mengucapkan “Laa illaha illallahul haliimul kariimu, subhaanallahi….” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Salah satu sholat sunnah adalah sholat Hajat. Sholat Hajat adalah sholat sunnah yang dilakukan karena adanya suatu hajat, keinginan atau keperluan tertentu, baik keperluan yang berhubungan dengan duniawi ataupun ukhrawi. Sholat adalah doa. Ketika seseorang ingin keinginannya dikabulkan oleh Allah swt, maka ia sholat dan berdoa. Sholat Hajat adalah sholat sunnah yang lebih dikhususkan untuk memohon kepada Allah swt agar dikabulkan segala hajat. Allah swt berfirman, “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat.” (QS. Al Baqarah:45)

Dalam menyempurnakan ikhtiar yang dimaksudkan untuk mencapai suatu keinginan, Insya Allah dengan melakukan sholat Hajat Allah akan mengabulkan doa dan keinginan tersebut. Doa, usaha, ikhtiar, dan tawakal adalah kewajiban umat muslim dalam menyikapi banyaknya tuntutan hidup di dunia. Dalam surat Al Baqarah:45 di atas, selain sholat kita diperintahkan juga untuk sabar. Oleh karena itu, sholat Hajat dan memohon kepada Allah dapat kita lakukan setiap hari dengan khusyuk serta tanpa rasa bosan bila keinginan itu belum dikabulkan. Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (Sholat Hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR Ahmad)

Waktu sholat Hajat tidak tertentu, namun tidak diperbolehkan mengerjakan sholat Hajat pada waktu yang dilarang seperti setelah sholat Ashar dan setelah sholat Subuh. Sholat Hajat dilakukan sendiri, tidak berjamaah. Banyaknya rakaat dalam sholat Hajat yaitu minimal dua rakaat dan maksimal sebanyak dua belas rakaat.  Dalam pelaksanaanya, jika dikerjakan pada malam hari maka setiap dua rakaat sekali salam dan jika dilaksanakan pada siang hari maka boleh empat rakaat dengan sekali salam dan seterusnya.

Berikut ini tata cara sholat Hajat:

  • Niat sholat Hajat di dalam hati: Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala (“aku niat sholat sunah hajat karena Allah”). Lalu Takbiratul Ihram.
  • Membaca doa Iftitah, dilanjutkan dengan surat Al Fatihah kemudian membaca salah satu surat di dalam Al Quran.
  • Ruku’ sambil membaca Tasbih tiga kali
  • I’tidal sambil membaca bacaannya
  • Sujud yang pertama sambil membaca Tasbih tiga kali
  • Duduk antara dua sujud sambil membaca bacaannya
  • Sujud yang kedua sambil membaca Tasbih tiga kali
  • Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir, setelah selesai maka membaca salam dua kali. Jika dilaksakan sebanyak empat rakaat dengan satu salam maka setelah dua rakaat langsung berdiri tanpa memakai Tasyahhud awal, kemudian lanjutkan rakaat ketiga dan keempat, lalu Tasyhhud akhir setelah selesai membaca salam dua kali.
  • Setelah selesai sholat Hajat bacalah dzikir yang mudah dan berdoa sampaikan hajat yang kita inginkan kemudian mohon petunjuk kepada Allah agar tecapai segala hajatnya.

Doa setelah sholat hajat:

Laa ilaaha illallahul haliimul kariimu subhaaanallahi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin. As ‘aluka muujibaari rahmatika wa ‘azaaima maghfiratika wal ghaniimata ming kulli birri wassalaamata min kulli itsmin. Laa tada’ lii dzamban illa ghafartahu walaa hamman illaa farajtahu walaa haajatan hiya laka ridhan illa qodhaitahaa yaa arhamar raahimiin.”

Artinya: “Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang”.

About these ads

24 Tanggapan to "Sholat Hajat"

Assalamu’alaikum.
Salam kenal. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kedudukan hadits tentang shalat hajat, silahkan buka blog saya : http://imamuna.wordpress.com

wa’alaikum salam wr.wb
terimakasih sudah berkunjung…

alhamdullilah Ramadhan datang kembali n kita masih diberi kesem[atan untuk merasakan kembali kemuliaan bulan yang penuh rahmat,rizqi,ampunan oleh Allah.puji syukur kupanjatkan hanya kepada Allah SWT krn ,masih diberi kesempatan berpuasa ditengah2 rumah tangga yang hampir saja kandas ditengah jalan

alhamdulillah…selamat berpuasa…dan semoga kondisi rumah tangga Anda akan selalu baik ke depannya, jangan lupa banyak berdoa, insya Allah di bulan suci yang penuh berkah dan ridho-Nya doa2 kita akan diijabah oleh Allah swt, amin.

alhamdulillah, ane berkunjung ke blog ini, Syukron… ^_^

Pak Ustadz yth

yang akan kami tanyakan adalah sanat hadits dari (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah) dan (HR Ahmad) sebagai rujukan dalam melaksanakan sholat hajat tersebut.

Yang kedua bagaimana hukumnya kita mengerjakan ibadah dengan hadits yang dhoif/lemah ??

terima kasih, atas pencerahan sehingga kami tidak bingung dalam beribadah.

ALHAMDULILLAH…

akhirnya sy bisa tau cara2 solat hajat

oia aku ingin bertanya :

1.tentang waktu yg tepat u/melaksanakanx. (jam2 tertentu,apakah saat jam 10 pagi atau jam 2 siang,dll )

2.dan dzikir nya apakah ada dzikir khusus ???

syukron

tolong dong untuk bacaan sesudah sholat hajat itu, kalau bisa ada bahasa arabnya dong…please

Assalamu’alaikum ..
..
Mau nanya :
apa shalat hajat bisa dilaksanakan setelah shalat duha ?
Trims

walaikumsalam :)
kalau bole saya kasi komen…
menurut buku tuntunan sholat yang saya baca
sholat hajat bole d kerjakan sembarang waktu
namun yang lebih afdol pada malam hari
trimakasi :D

padahal saya pernah melakukan solat hajat setelah asar, skrg br tau kalo gk boleh hehehe ,,, thks infonya ,jadi malu q …:)

klo boleh tau
sholat hajat dilakukan harus tiap malam ?
mohon bantuanya.

thanx ya ats info’y….
tp krang lngkap mang wktu shlat hajat yg d!bleh khan nthu g!mna…?
tlong jwab ya..

thanx ya ats info’y….
tp krang lngkap mang wktu shlat hajat yg d blh kan itu g’mna n gk d!lrang…?
tlong jwab ya..

Assalam allaikum? Saya mau tanya nih..tolong jawab apakah hukum nya haram bila memakan telur yang di ambil dalam perut ayam yang sudah mati di potong dengan cara sah dan halal. Pada waktu itu kebetulan orang tuaku memotong ayam lengkap dengan doa2 dn ketika ayam itu di bersihkan dan di potong2 di dalam nya itu ada telur nya kemudian telur nya itu aku masak juga dan aku makan. Apakah itu haram hukum nya karna ada yang bilang memakan telur yang belum di keluarkan oleh ayam dan masih ada di dalam perut kata nya haram sama saja memakan atau mengambil peranakan bayi apa betul itu? Tolong balas jawaban nya di adress ku terima kasih

bila malam hari jam 2 malam melaksanakan sholat tahajud, lalu stelah sholat subuh boleh gak melaksanakan sholat hajat atau stelah sholat ashar… soalnya sya melaksnakan sholat hajat setelah sholat subuh dan ashar…. yg jadi pertanyaan kira kira pada saat waktu yg sya kerjakan itu bgus tdak tuk melaksanakan sholat hajat…

thanks infonya . . .

Terimakasih untuk sharing ilmunya,, semoga menjadi amal shaleh kita semua yg belajar…. salam kenal dan ukhuwah

Asslm… Pak ustat, sy ingin bertanya, sy ingin membeli tanah pas di tempat yg sy impikan dpn rmh ortu sy, dan ingin mbngun rmh trs, tp sy tak sanggup t membeli dgn hrg yg mahal tanah itu. Apakah blh sy melaksanakan shlt hajat supaya tuan tnh t mau menjual dgn kesanggupan sy, ada kah doa yg bisa membuka hati tuan tnh itu hrg a dgn kesanggupan sy trmksh. Mohon d bls pak ustat. Wsslam.

alhmdulillah……brkat info dri blog ini saya bsa tau tta cra solat hajat

Alhamdulillah. Terima kasih, semoga dengan sholat hajat ini bisa menyambungkan permohonan saya kepada Allah. Terima kasih atas pengetahuannya.

kalau bleh mNta pndapat, apakh slat hajat bleh d lakukan br shalat isya’??? Mhn bAntUanNya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Status YM Saya

Kategori

Renungan di Twitter

  • Sesungguhnya menyambung tali silaturahmi itu adalah kunci kelapangan rizki dan dipanjangkannya umur (HR. Bukhari, shahih) 4 years ago
  • .....dan tiada taufiq bagiku melainkan dari Allah swt.... 4 years ago
  • "Sampaikanlah walau satu ayat" 4 years ago
  • Brngsiapa mncintai krn Allah,membnci krn Allah,memberi krn Allah,& mnahan pmberian krn Allah, sngguh ía tlh rnnympurnakn imanya(HR.Abu Daud) 4 years ago
  • “Tidak ada yang lebih berat timbangan seorang hamba pada hari kiamat melebihi keluhuran akhlaknya.” (HR. Abu Daud dan AT-Tirmizi) 4 years ago

Arsip

Mei 2009
J S M S S R K
« Apr   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Statistik Blog

  • 884,915 hits

Halaman

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: