cahya islam

Takwa kepada Allah swt

Posted on: 19 Mei 2009

Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebaktian, akan tetapi sesungguhnya kebaktian orang yang beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan), dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan salat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan, dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa” (QS 2. Al-Baqarah: 177)

Setiap muslim yang menjalani hidupnya di jalan Allah tentunya mengharapkan ridho dari Allah SWT.  Keimanan dan ketakwaan seorang muslim adalah kunci agar mendapatkan ridho dan barokah dari Allah swt. Iman Islam dalam diri seorang muslim harus dibarengi dengan takwa. Bila seorang muslim percaya dengan keberadaan Allah, maka tentunya ia takut kepada Allah. Itulah yang dinamakan takwa.

Arti takwa adalah menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala laranganNya. Umat muslim yang menjalankan segala perintah Allah berarti taat dan patuh terhadap hukum Allah serta meninggalkan keraguan di dalam hati, dengan cara beramal soleh sesuai dengan Al Quran dan Sunnah. Misalnya saja seorang muslim menjalankan sholat lima waktu, mengerjakan sholat sunnah, membaca Al Quran, berpuasa, berbakti pada orang tua, bersedekah, dan lain sebagainya. Muslim yang bertakwa pada Allah swt tidak hanya memikirkan hidupnya di dunia, tapi juga ingin mendapatkan tiket untuk ke surga.

Seorang muslim yang bertakwa berarti juga menjauhi segala larangan Allah swt. Ia takut akan murka Allah, takut akan azab Allah. Oleh karena itu, ia menjauhi dan tidak melakukan perbuatan  dosa dan maksiat. Bila seorang muslim tidak menjaga dirinya dari perbuatan dosa, maka dia bukanlah orang yang bertakwa.

Umat muslim yang bertakwa kepada Allah swt tidak saja mendapatkan ridho dan pahala dari Allah swt. Takwa juga bisa mendatangkan rizki bagi umat muslim yang bertakwa. Allah akan melapangkan rizki bagi mereka yang bertakwa. Kenikmatan dan kebaikan yang diberikan oleh Allah kepada umat muslim yang beriman dan bertakwa tidak hanya di dunia melainkan di akhirat juga. Hal ini sesuai dengan firman Allah swt dalam ayat Quran.

“Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (QS. At Thalaq:2-3)

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatan mereka sendiri.” (QS. Al-A’raf : 96)

Umat muslim yang bertakwa selalu ingat akan perintah Allah dan melakukan kebaikan-kebaikan  agar dijauhkan dari kemurkaan Allah. Kebaikan yang dilakukan tidak hanya terhadap sesame umat muslim, tapi juga terhadap seluruh umat di duinia. Tanda-tanda orang yang bertakwa antara lain beriman kepada yang Allah swt, kepada Al Quran yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw dan kitab-kitab lainnya yang diturunkan kepada para utusan sebelum Nabi Muhammad saw,  yakin dengan adanya takdir Allah, serta beriman kepada yang ghaib seperti para malaikat, surga, neraka, hari kebangkitan, dan lain sebagainya.

Tanda-tanda takwa lainnya dari seorang muslim yaitu ia tidak pernah meninggalkan sholat, selalu menolong orang-orang yang tidak mampu terutama fakir miskin dan menafkahkan sebagian hartanya dengan berzakat dan sedekah, bila berucap janji selalu ditepati, serta bersyukur bila mendapatkan kenikmatan dan bersabar bila mendapatkan cobaan. Allah swt berfirman, “Alif lamm miim. Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa. (Yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka. Dan mereka yang beriman kepada kitab (Al-Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat”. (QS. Al Baqarah:1-4)

Sebagai umat muslim dan hamba Allah swt, ada baiknya kita bersungguh-sungguh dalam melaksanakan perintah Allah swt dan meninggalkan segala perbuatan dosa dan maksiat, baik yang kecil maupun yang besar. Mentaati dan mematuhi perintah Allah adalah kewajiban setiap muslim. Dan juga, seorang muslim yang bertakwa itu membersihkan dirinya dengan segala hal yang halal karena takut terperosok kepada hal yang haram.

Seorang muslim yang memiliki sifat takwa tentunya sangat istimewa di hadapan Allah swt. Dengan adanya takwa, disanalah terdapat banyak kebaikan. Insya Allah dengan takwa, setiap umat muslim akan mendapatkan keridhoan, kecintaan, dan perlindungan dari Allah swt. Maka berbahagialah Anda umat muslim yang bertakwa!

Wallahualam bishshawaab

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Status YM Saya

Kategori

Renungan di Twitter

  • Sesungguhnya menyambung tali silaturahmi itu adalah kunci kelapangan rizki dan dipanjangkannya umur (HR. Bukhari, shahih) 5 years ago
  • .....dan tiada taufiq bagiku melainkan dari Allah swt.... 5 years ago
  • "Sampaikanlah walau satu ayat" 5 years ago
  • Brngsiapa mncintai krn Allah,membnci krn Allah,memberi krn Allah,& mnahan pmberian krn Allah, sngguh ía tlh rnnympurnakn imanya(HR.Abu Daud) 5 years ago
  • “Tidak ada yang lebih berat timbangan seorang hamba pada hari kiamat melebihi keluhuran akhlaknya.” (HR. Abu Daud dan AT-Tirmizi) 5 years ago

Arsip

Mei 2009
J S M S S R K
« Apr   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Statistik Blog

  • 991,018 hits

Halaman

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 76 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: