cahya islam

Pemimpin Berakhlak Seperti Rasulullah saw

Posted on: 3 Juni 2009

Pemilu legislatif telah berlangsung. Dan insya Allah pada tanggal 8 Juli 2009 nanti akan diadakan pemilu kedua dimana kita akan memilih presiden sesuai pilihan kita. Banyak yang mengharapkan perubahan yang lebih baik bagi negara dan bangsa ini dari pemimpin yang telah dipilih oleh rakyat. Presiden dan wakil presiden yang dekat dan  memihak pada rakyat, perbaikan ekonomi, hingga pembasmian korupsi. Masyarakat muslim di Indonesia pun mengharapkan seorang pemimpin yang memiliki akhlak seperti Rasulullah saw.

Rasulullah saw selain sebagai utusan Allah swt dan pembawa risalah Islam, beliau juga seorang pemimpin sejati bagi umat Muslim, keluarga, dan para sahabatnya. Beliau terkenal sebagai seorang pemimpin yang berakhlak mulia. Bahkan Rasulullah saw memiliki gelar sebagai Al-Amin, yaitu pribadi yang terpercaya. Sehingga dalam kepemimpinannya beliau dapat dipercaya oleh pengikutnya.

Adakah pemimpin Indonesia yang dapat dipercaya oleh rakyatnya? Adakah pemimpin di Indonesia yang mengemban tugasnya dengan mengikuti/mencontoh Rasulullah saw sebagai suri tauladannya? Meskipun Rasulullah saw adalah seorang pemimpin yang sangat dihormati pengikutnya, namun beliau tidaklah menjadi sombong, tidak bergelimang dan gila harta, serta selalu dekat dengan para pengikutnya. “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS. Al-Ahzab: 21)

Kepemimpinan Rasulullah saw yang berakhlak mulia mencontohkan empat sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu Sidiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh.

Sidiq adalah benar, dimana seorang pemimpin senantiasa berkata benar. Rasulullah saw senantiasa mengucapkan segala sesuatu sesuai dengan kebenaran yang datangnya dari Allah swt. demikian pula dengan pemimpin atau presiden kita yang terpilih nanti, diharapkan memiliki sifat ini agar ia juga memiliki pikiran, perasaan serta ucapan yang selalu konsisten dengan perbuatannya.

Amanah adalah dapat dipercaya. Rakyat yang telah memilih seorang pemimpin atau presiden negara ini berarti telah mempercayakan tugas tersebut untuk diemban dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu seorang presiden terpilih tersebut harus dapat menjaga kepercayaan rakyat dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Fathonah berarti cerdas atau pandai. Seorang pemimpin tentunya harus cerdas, memiliki banyak ilmu yang tentunya didasarkan pada ketakwaannya kepada Allah swt.

Sedangkan Tabligh berarti menyampaikan. Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk menyampaikan segala sesuatu kepada rakyatnya. Rasulullah saw selama memimpin senantiasa menyampaikan ajaran-ajaran Islam. Beliau menyampaikan kebenaran pada pengikutnya dan tak segan-segan mengaku bila berbuat kekeliruan.

Itulah pemimpin yang didambakan rakyat saat ini.  Jika Rasulullah saw adalah seorang pemimpin berakhlak mulia, seorang utusan Allah yang tiada duanya di dunia ini, maka paling tidak pemimpin/presiden kita adalah seorang yang meneladani dan mencontoh sifat-sifat, akhlak, dan kepemimpinan Rasulullah saw. Karena menjadi seorang pemimpin itu adalah suatu amanah dari Allah swt, dan tentu saja akan dipertanggungjawabkan di hari akhir nanti. “Setiap diri adalah pemimpin dan akan diminta pertangungjawaban tentang kepemimpinannya  di akhirat kelak ” (Muttafaq ‘alaih)

Wallahu a’lam.

About these ads

1 Response to "Pemimpin Berakhlak Seperti Rasulullah saw"

KITA BERDO’A SEMOGA UMAT DIBUKAKAN PINTU HATINYA UNTUK MEMILIH PEMIMPIN DAN YANG AKAN MENJADI PEMIMPIN HARUS MENYADARI SYARAT MUTLAK YANG HARUS DIPENUHI UNTUK MENJADI PEMIMPIN AMIN……………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Status YM Saya

Kategori

Renungan di Twitter

  • Sesungguhnya menyambung tali silaturahmi itu adalah kunci kelapangan rizki dan dipanjangkannya umur (HR. Bukhari, shahih) 5 years ago
  • .....dan tiada taufiq bagiku melainkan dari Allah swt.... 5 years ago
  • "Sampaikanlah walau satu ayat" 5 years ago
  • Brngsiapa mncintai krn Allah,membnci krn Allah,memberi krn Allah,& mnahan pmberian krn Allah, sngguh ía tlh rnnympurnakn imanya(HR.Abu Daud) 5 years ago
  • “Tidak ada yang lebih berat timbangan seorang hamba pada hari kiamat melebihi keluhuran akhlaknya.” (HR. Abu Daud dan AT-Tirmizi) 5 years ago

Arsip

Juni 2009
J S M S S R K
« Mei   Jul »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Statistik Blog

  • 1,001,314 hits

Halaman

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: