cahya islam

Fiqh Islam

Posted on: 9 Juni 2009

Fiqh menurut bahasa berarti ‘paham’, seperti dalam firman Allah swt:

“Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun?” (QS. An Nisa: 78)

dan sabda Rasulullah saw:

“Sesungguhnya panjangnya sholat dan pendeknya khutbah seseorang, merupakan tanda akan kepahamannya.”  (HR. Muslim)

Fiqh Islam secara istilah mengandung dua arti, yaitu:

  1. Pengetahuan tentang hukum-hukum syariat yang berkaitan dengan perbuatan dan perkataan mukallaf (mereka yang sudah terbebani menjalankan syariat agama), yang diambil dari dalil-dalilnya yang bersifat terperinci, berupa nash-nash Al Quran dan As sunnah serta yang bercabang darinya yang berupa ijma’ dan ijtihad.
  2. Hukum-hukum syariat itu sendiri. Jadi, perbedaan antara kedua definisi tersebut bahwa yang pertama di gunakan untuk mengetahui hukum-hukum (Seperti seseorang ingin mengetahui apakah suatu perbuatan itu wajib atau sunnah, haram atau makruh, ataukah mubah, ditinjau dari dalil-dalil yang ada), sedangkan yang kedua adalah untuk hukum-hukum syariat itu sendiri (yaitu hukum apa saja yang terkandung dalam sholat, zakat, puasa, haji, dan lainnya berupa syarat-syarat, rukun-rukun, kewajiban-kewajiban, atau sunnah-sunnahnya).

Dari makna-makna tentang fiqh Islam di atas, maka kita tahu bahwa fiqh Islam merupakan ungkapan tentang hukum-hukum Allah yang diberlakukan bagi setiap hamba-Nya. Fiqh Islam bertujuan untuk memberikan kemaslahatan umat Islam serta mencegah adanya kesesatan di dalam beribadah.

Di dalam fiqh islam mengandung hukum-hukum syariat Islam yang bersumber dari Al Quran, As Sunnah, serta Ijma’ (kesepakatan) dan Ijtihad para ulama kaum muslimin. Terdapat tujuh bagian fiqh Islam yang kesemuanya membentuk satu undang-undang umum bagi kehidupan manusia baik bersifat pribadi maupun bermasyarakat.

Tujuh bagian dalam fiqh islam itu antara lain:

  1. Fiqh ibadah, yaitu hukum-hukum yang berkaitan dengan ibadah kepada Allah swt, seperti sholat, wudhu, puasa, zakat, haji, dan yang lainnya.
  2. Fiqh Al Ahwal As sakhsiyah, yaitu hukum-hukum yang berkaitan dengan masalah kekeluargaan. Misalnya masalah pernikahan, talaq, nafkah, warisan, dan lain sebagainya.
  3. Fiqh Muamalah, yaitu hukum-hukum yang berkaitan dengan perbuatan manusia dan hubungan sesama manusia, seperti jual beli, jaminan, sewa menyewa, pengadilan, dan sebagainya.
  4. Fiqh Siasah Syariah, yaitu hukum-hukum yang berkaitan dengan kewajiban-kewajiban pemimpin (kepala negara). Hukum ini mengharuskan seorang pemimpin untuk selalu menegakan keadilan, memberantas kedzaliman, dan menerapkan hukum-hukum syariat Islam. Hukum ini juga berkaitan dengan kewajiban-kewajiban rakyat yang dipimpinnya, seperti kewajiban taat dalam hal yang bukan maksiat, dan yang sebagainya.
  5. Fiqh Al ‘Ukubat, yaitu hukum-hukum yang berkaitan dengan hukuman terhadap pelaku-pelaku kejahatan, serta penjagaan keamanan dan ketertiban. Misalnya saja hukuman terhadap pembunuh, pencuri, pemabuk, dan lainnya.
  6. Fiqh As Siyar, yaitu hukum-hukum yang mengatur hubungan negeri Islam dengan negeri lainnya, seperti pembahasan tentang perang atau damai dan sebagainya.
  7. Fiqh adab dan akhlak, yaitu hukum-hukum yang berkaitan dengan akhlak dan prilaku seseorang, yang baik maupun yang buruk.

Demikianlah, bahwa fiqh Islam mencakup wawasan dan kajian yang sangat luas, yang berhubungan dengan kehidupan manusia di dunia. Berpegang teguh pada hukum-hukum syariat Islam merupakan salah satu bukti keimanan seorang muslim kepada Sang Penciptanya, Allah swt.

Wallahu a’lam

About these ads

6 Tanggapan to "Fiqh Islam"

Assalamu`alaikum…..

numpang baca2 ukh….wah bagus nih blognya..tetap semangat n istiqomah…

Wassalam

wa’alaikum salam
syukron akh atas kunjungannya
salam ukhuwah

Alhamdulillah ada blog yang isi nya seperti ini, syukurlah . Insya Allah ini menjadi rujukan Amien. seolah sedang taklim.
terima kasih ya Apa yang ditulis

Asalamualaikum.

Salam kenal ya,
saya bersyukur ketemu blog semaca ini, semoga admninnya selalu diberi kesehatan dan hidayah sehingga senantiasa menebarkan kalimatulloh di muka bumi ini.

Kita tukar link ya.

wasalam

Hari Wurynato

wa’alaikum salam wr. wb.
amiin, terimakasi atas doa dan kunjungannya, sama2 ya, semoga mas Hari selalu dilmpahkan kesehatan dan hidayah dari Allah swt, amiin.

blognya sudah saya link.

alhamdulillah, tulisan sari bisa jadi pembelajaran utk saya, semoga jadi ladang amal utk penulisnya dan jadi barokah utk pembacanya amin, salam.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Status YM Saya

Kategori

Renungan di Twitter

  • Sesungguhnya menyambung tali silaturahmi itu adalah kunci kelapangan rizki dan dipanjangkannya umur (HR. Bukhari, shahih) 5 years ago
  • .....dan tiada taufiq bagiku melainkan dari Allah swt.... 5 years ago
  • "Sampaikanlah walau satu ayat" 5 years ago
  • Brngsiapa mncintai krn Allah,membnci krn Allah,memberi krn Allah,& mnahan pmberian krn Allah, sngguh ía tlh rnnympurnakn imanya(HR.Abu Daud) 5 years ago
  • “Tidak ada yang lebih berat timbangan seorang hamba pada hari kiamat melebihi keluhuran akhlaknya.” (HR. Abu Daud dan AT-Tirmizi) 5 years ago

Arsip

Juni 2009
J S M S S R K
« Mei   Jul »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Statistik Blog

  • 1,071,453 hits

Halaman

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 81 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: