cahya islam

Hal-hal yang Membatalkan Puasa

Posted on: 24 Agustus 2009

Berikut ini adalah hal-hal yang membatalkan puasa:

1. Makan, minum atau menghisap sesuatu dengan sengaja, baik yang bermanfaat atau yang berbahaya seperti rokok. JIka tidak sengaja karena lupa maka tidak batal, asalkan begitu teringat sedang berpuasa harus menghentikan makannya. Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa lupa bahwa ia puasa, kemudian ia makan atau minum, maka hendaklah disempurnakan puasanya; sesungguhnya Allah yang mmeberi makan dan minum.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Melakukan jima’ (hubungan intim suami istri) pada siang hari di bulan Ramadhan padahal ia sedang berpuasa. Bagi yang melanggarnya, wajib membayar kifarat (denda) sesuai dengan kemampuannya. Boleh memilih salah satu dari tiga macam denda: memerdekan seoran budak; mengerjakan puasa selama dua bulan berturut-turut; atau memberi makan 60 orang fakir miskin dengan ¾ liter per orang.

3. Mengeluarkan air mani dengan cara onani atau masturbasi, mencium, memeluk, merangkul, menghayal dan lain-lainnya, serta memandang segala sesuatu yang dapat menggugah nafsu syahwat. Sabda Rasulullah saw: “Sekilas pandangan mata kadang-kadang merupakan sebuah anak panah yang berbisa di antara panah-panah iblis yang terkutuk. Maka barangsiapa menahan diri daripada pandangan seperti itu, karena rasa takutnya kepada Allah, maka Allah swt akan melimpahkan kepadanya manisnya iman dalam hatinya.” (HR. Al Hakim).

4. Keluar darah haidh dan nifas, maka wajib mengganti puasanya pada hari yang lain. Dari Aisyah ra: “Kami disuruh oleh Rasulullah saw mengganti puasa, dan tidak disuruhya mengganti sholat.” (HR. Bukhari)

5. Mengeluarkan darah dengan jalan hijamah (membekam) atau yang serupa. Sedang keluar darah dengan sendirinya atau karena mencabut gigi dan yang semisalnya, tidak membatalkan puasa, karena hal tersebut tidak termasuk dalam pengertian hijamah.

6. Muntah disengaja, tetapi jika muntah tanpa disengaja atau dibuat-buat, maka tidak batal puasanya. Sabda Rasulullah saw: “Barangsiapa terpaksa muntah, tidaklah wajib mengganti puasanya, dan barangsiapa yang mengusahakan muntah, maka hendaklah ia mengganti puasanya (pada hari yang lain).” (HR. Abu Daud, Tirmidzi).

Sedangkan berikut ini adalah hal-hal yang tidak membatalkan puasa namun bila dilakukan akan menghapus pahala puasa.

1. Mengucapkan kata-kata yang sia-sia atau tercela. Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya puasa adalah tabir penghalang (dari perbuatan dosa). Apabila seseorang di antara kamu sedang berpuasa, janganlah ia mengucapkan sesuatu yang keji dan berbuat jahil. Andai ada orang lain yang mengajak berkelahi atau menunjukkan cercaan kepadanya, hendaknya ia berkata: ‘aku sedang berpuasa, aku sedang berpuasa’. (HR. Bukhari danMuslim)

2. Mendengarkan segala sesuatu yang dibenci agama, sebab segala sesuatu yang dilarang mengucapkan berarti dilarang pula mendengarkan. Sanda Rasulullah saw: “Orang yang menggungjing, dan mendengarkan gunjingan, sama dosanya.” (HR. Thabrani).

3. Melakukan perbuatan tercela seperti pergi ke tempat maksiat, atau perbuatan haram seperti berjudi.)

Ada sejumlah persoalan yang sering menjadi perselisihan di antara kaum muslimin seputar pembatal-pembatal puasa. Di antaranya memang ada yang menjadi permasalahan yang diperselisihkan di antara para ulama, namun ada pula hanya sekedar anggapan yang berlebih-lebihan dan tidak dibangun di atas dalil. Masalah ini insya Allah akan ditulis dalam pembahasan selanjutnya.

About these ads

38 Tanggapan to "Hal-hal yang Membatalkan Puasa"

[...] About Hal-hal yang Membatalkan Puasa [...]

Apakah keterangan di atas itu semua membatalkan puasa atau menjadi 2 bagian yaitu “membatalkan puasa” dan “menghampakan puasa alias tidak batal tapi tdk dapat pahala”..mohon klarifikasinya.
tks

salam,

ramdan

makasi sudah diingatkan dan diberi masukkan. tulisan sudah saya ralat, yaitu hal2 yg membatalkan puasa dan hal2 yang akan menghapus pahala puasa. cmiiwww

Salam Kenal
Sungguh uraian yang tersaji dengan sistematis, enak dibaca dan boleh di copy kan terima kasih
Salam Kenal Batavusqu

boleh pak, terima kasih kembali dan salam kenal juga :)

huh……………….. kaya nya lebih enak minum es kali kalo lagi panas-panas gini , iya gak? salam kenal :}

subhanallah deh bwt mb.sarie,syukron atas infonya,trus mo tanya
neh,low berkumur dalam berwudhu pada saat melaksanakan puasa,baik wajib ataupun sunnah itu,termasuk membatalkan puasa gak seh…?

makasih udah di terbitkan tulisan ini. bagus kok.wkwkwkw

mencium, memeluk, merangkul, menghayal dan lain-lainnya, serta memandang segala sesuatu yang dapat menggugah nafsu syahwat.

Bukanya ini cuma makruh kk
tolong penjelasannya……….

menurut ku,itu cuma makruh,pahala doang yg batal.

Salam kenal
Apakah melihat video porno bisa menghilangkan/merusak pahala puasa?

melihat vidio porno,akan menghilangkn pahala puasa kita.

batal kah jika kita sedang berpuasa makan dengan tidak di senngaja tetapi sudah tertelan ke dalam perut ??

tiada batal,kan tidak sengaja.

assalamualaikum,,
Ka kalo keluar mani karena tidur gmn batal gak puasanya..
Kan saya abis sahur shalat subuh terus tidur kemudian pas saya bangun tiba2 keluar mani?puasanya gmna tah?

maaf iah bukanya saya mengajari tapi dari se pengetahuan saya itu tidak MEMBATALKAN PUASA di karenakan segala hal yag tidak di sengaja tidak membatalkan puasa
thank’s

Slm kenal mbak,mau tanya,jadi kalo puasa tanpa ibadah sholat wajib,puasanya gmn?apa berkurang puasanya…

apakah akan obat tetes mata pada saat bulan puasa,dpt membatalkan puasa…..?

keluar daran dri hidung ( mimisan ) bisa membtalkan puasa ?

ass.wr.wb,gmn klw dlm puasa kita membersihkan kuping/istilah jawa kili..he3…jayakumulloh…

point yang 1 yang menghilangkan pahala yang paling susah tuh. astagfirallah.

info yang sangat bermanfaat, makasih banyak, salam kenal :D

klo gak baca tadi nya gak bakalan tau :D

apakah menangis itu membatalkan puasa

apakah menangis itu membatalkan puasa dan apabila tahu bahwa hal itu batal dan sedangkat saya baru saja tahu dan masih sedang menjalankan puasa.apakah puasa saya lanjut atau tidak makaci

Pas MantapzZ :’)

kalau mengeluarkan air mani dengan cara onani itu kita mesti bayar dengan apa?

assalamualaikuum wr.wb, min mau tanya kalau pas kita lagi puasa trus kita berkumur, membasuh hidung, dan mengusap telinga pada waktu wudlu itu hukummnya bagaimana,apakah puasa kita makruh, batal, atau ga apa-apa????????????????????????????????

lihat dan pelajari sebentar bagaimna orng2 mendapatkan penghasilan dari internet puluhan juta rupiah per bulan,,
please jion us NOW

http://www.meabisnis.com/?id=bisnisok

– Pendaftaran Gratis.
– Sign Up dapet Bonus Rp. 50.000,-
– Komisi Affiliasi Rp. 60.000,-
RAIH komisi dan bonus yg bisa anda dapatkan tiap saat

mksihc udh ngsih tau hal2 yg mmbtalkan puasa ,.

terima kasih atas penjelasan dan infonya, semoga bermanfaat juga bagi yang membacanya dan mendapatkan pahala bagi yang menulis juga bagi yang membaca serta semoga kita semua bisa mengamalkannya, amiiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Status YM Saya

Kategori

Renungan di Twitter

  • Sesungguhnya menyambung tali silaturahmi itu adalah kunci kelapangan rizki dan dipanjangkannya umur (HR. Bukhari, shahih) 5 years ago
  • .....dan tiada taufiq bagiku melainkan dari Allah swt.... 5 years ago
  • "Sampaikanlah walau satu ayat" 5 years ago
  • Brngsiapa mncintai krn Allah,membnci krn Allah,memberi krn Allah,& mnahan pmberian krn Allah, sngguh ía tlh rnnympurnakn imanya(HR.Abu Daud) 5 years ago
  • “Tidak ada yang lebih berat timbangan seorang hamba pada hari kiamat melebihi keluhuran akhlaknya.” (HR. Abu Daud dan AT-Tirmizi) 5 years ago

Arsip

Agustus 2009
J S M S S R K
« Jul   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Statistik Blog

  • 989,141 hits

Halaman

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 76 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: