cahya islam

Sedekah Yuk!

Posted on: 5 Februari 2010

Kalau melihat sebuah group di fesbuk yang bernama Sedekah Sehari Rp 1.000, saya jadi tersadar bahwa ternyata bersedekah setiap hari memanglah suatu keharusan bagi kita umat muslim. Hal ini mengacu kepada sabda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa  “Setiap persendian manusia harus bersedekah pada setiap hari dimana matahari terbit”. (HR Bukhari)

Biasanya kita menyisihkan 2.5% dari penghasilan yang kita dapat setiap bulannya. Ternyata, sistem sedekah seperti ini masihlah kurang. Seorang muslim ada baiknya tak membiarkan satu haripun berlalu tanpa dirinya terlibat dalam kegiatan bersedekah. Namun, bagaimana jika kantong sedang pas-pasan?

Kita lihat lagi beberapa hadits dibawah ini

Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda: “Setiap muslim harus bersedekah.” Mereka bertanya: “Jika ia tidak punya?” Nabi shallallahu ’alaih wa sallam menjawab: ”Dia bekerja dengan kedua tangannya, maka ia memberikan manfaat untuk dirinya sendiri lalu bersedekah.” Mereka bertanya lagi: ”Jika ia tidak mampu atau tidak melakukannya?” Beliau menjawab: ”Ia menolong orang yang kesulitan.” Mereka bertanya lagi: ”Jika ia tetap tidak melakukannya?” Beliau menjawab: ”Hendaklah ia memerintahkan berbuat al-khair atau al-ma’ruf (kebaikan).”  Mereka bertanya lagi: ”Jika ia tetap tidak melakukannya?” Beliau menjawab: ”Hendaklah ia menahan diri dari perbuatan jahat, hal itu sudah merupakan sedekah.” (HR. Bukhari)

Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda: “Setiap persendian manusia harus bersedekah pada setiap hari dimana matahari terbit. Berlaku adil di antara dua orang merupakan sedekah, dan membantu seseorang mengangkat bagasi ke atas kendaraannya atau mengangkatkan barangnya merupakan sedekah, dan ucapan yang baik merupakan sedekah, dan setiap langkah yang diayunkannya menuju sholat (berjamaah) merupakan sedekah serta menyingkirkan apa-apa yang mengganggu dari jalanan merupakan sedekah.” (HR Bukhari)

Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:”Setiap perbuatan ma’ruf (kebaikan) adalah sedekah dan di antara perbuatan ma’ruf adalah engkau menemui saudaramu sekedar dengan wajah berseri-seri dan engkau menuangkan (air) dari timbamu ke dalam bejana saudaramu.” (HR. Tirmidzi)

Jelas bahwa sedekah tidaklah selalu dengan uang atau harta. Setiap perbuatan baik yang kita lakukan adalah sedekah. Bahkan senyum kepada sesama juga merupakan sedekah.

Akhir kata, jika kita dilapangkan rezekinya setiap hari oleh Allah subhanahu wa ta’ala, ayo kita bersedekah setiap hari. Jika belum, marilah kita melakukan hal yang ma’ruf dan berguna untuk sekeliling kita.

Wassalam.

About these ads
Tag:

54 Tanggapan to "Sedekah Yuk!"

Sedekah wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT, wujud cinta sesama, .. Habluminannas…

Sedekah, selain berpahala, juga bisa mempermudah segala hajat/urusan kita, dan menambah rizky tentunya(pengalamn pribadi)

tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah

Wokeh dah pasang keduanya.. maaf rada lama

hatur nuhun kang

Assalamu’alaikum
Apa kabarnya nenk Sari? berkunjung lagi & semoga tambah sukses

btw: link blog ini sudah terdaftar di blogroll ‘dedekusn(dot)com’ dengan nama ‘CahayaIslam’ link balik ya! hehehe

makasi kangde…link dan doanya
link rumah baru kangde udah mejeng di blog saya :)
sukses terus kang!

Sy copas kalimat ini : ” So, say love to your parents…now”…. bener bangets….

Bagaimanapun orang tua yg paling berjasa kpd kita, sehebat apapun kita tanpa jasanya ga jd apa2.

Ya AMpun sy salah nyimpen komen… maafkan sy Sari, selamat pagi & salam sukses untukmu.
Wassalamu’alaikum…

hayukkk sedekah semampu kita dan dengan ihklas

berkunjung lagi n ditunggu kunjungan baliknya makasihh :D

makasih sudah berkunjung :)
langsung ke tekapeh

yuk kita sedekah yuk..

Kunjungan lagi nenk, apa kabarnya? :)

amiin…
smoga kangdede&keluarga juga sehat slalu ya…

Amin juga, terima kasih sari ;)

maaf baru bisa merespon

link anda sudah saya pasang di blog saya mohon di cek balik,

makasihh

dan kalau bisa request link balik saya kasih nama “tips n trick blog facebook gratis”

“Setiap persendian manusia harus bersedekah pada setiap hari dimana matahari terbit”. (HR Bukhari) —> kalo yang ini kan bisa diganti dengan sholat dhuha. *mencari alasan* hehehe

Sedekah memang berat kalo tidak dibiasakan sejak dini. Semoga kita nanti bisa menciptakan generasi-generasi penerus yang gemar bersedekah. Amin.

senyum pun merupakan sedekah

sebuah ajakan yang sangat arif, semoga saya mampu melaksanakannya, Amin.

Kunjungan lagi Non, Selamat sore..

SALAM KENAL dan SALING MENGUNJUNGI serta SALING BERBAGI.WAH…WEB-NYA CUKUP INFORMATIF dan PUITIS…OYA,BISA PASANG BANNER/LINK GA YAH…???
HTTP: / / DUTACIPTA.WORDPRESS.COM :roll:

memang, sedekah merupakan hal yang sangat bagus…

Apa kabarnya nenk Sari?

assalamualaikum
sudahkan kah anda bersedekah hari ini heheh

Blogwalking berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
salam blogger
makasih :D

jadi inget tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah

Sari, ditunggu update-annya. Semoga sehat selalu

Assalamu’alaikum..
Nice posting mba… aku suka bacanya… :)
Mampir ya ke tempatku, ada kado special buat mba.. :)
http://anyanfit.wordpress.com/2010/03/11/my-first-award/

Subhanallah…kami kagum dengan blog sahabat, jika berkenan bergabunglah di aggeregasi web kami, caranya cukup memasang banner kami insya Allah setiap posting terbaru dari blog sahabat akan muncul di web kami…..kami tunggu

Sedekah dari artinya saja sudah bagus lho. SEDEKAH artinya SEDikit saja bErKAH. Setiap hari sedekah 4 moslem? Pasti!

subhanallah… bgitu byk yg bernilai sedekah dn yg terbaik dr smua itu is sdekah dr harta yg qt miliki,smg Allah mudhkn qt utk snatiasa sdekah amiiin…

alo bos, salam kenal :)
sedekah emang harus ditanamkan semenjak dari kecil
btw tukeran link yuk :D
ditunggu kabar baiknya ya :)

subhanallah… indahnya bersedekah

trima kasih atas sharing yang bgitu bermanfaat, semoga kita bisa istiqomah bersedekah dengan nikmat yang Allah berikan pada kita.

trima kasih atas sharing yang bgitu bermanfaat, semoga kita bisa istiqomah bersedekah dengan nikmat yang Allah berikan pada kita.

ijin share ya… :)

[...] : cahya Islam -7.525189 111.453186 LikeBe the first to like this [...]

ya alloh jadikan lah kami sebagai hambamu yang suka bersedekah

Ass.. Saya mau bertanya, apakah kita memberikan orang tua dan keluarga uang itu termasuk sedekah???
tx

alngkah indah, orang bersedekah.. dekat dg Allah, dekat dengan surga..
*lagunya opick

SEDEKAH YUK! ADALAH MOTIVASI KITA .SIAPA YANG MAU SEDEKAH
TOLONG AJA SAMAPAIKAN KERENING KAMI UNTUK KAMI SAMAPAIKAN KEPADA ANAK ASUH KAMI SEBANYAK 40 0RANG DIPONDOK ASUH MUAWWANAH KAMPAR RIAU
INSYAALLAH AMANAH REK BRI 5510-01-006815-53-8 TELP.O81378534755 ATAU KUNJUNGI WEBSITE KAMI :http://pondokasuhmuawwanahkabkampar EMAIL :ali_r28@ymail.com

Saya mau tukar link dengan anda,,,

Link anda sudah ON, silakan cek di TKP,,,

Nuwun,,,

Subhanallah….

*Islam itu tidak memberatkan

subhanallah…
Islam itu tidak memberatkan

Kalau kita ingin sedekah tapi istri tidak suka/setuju, apakah harus dilakukan secara sembunyi boleh atau tidak ?

Yang penting ikhlas dulu.

pentingnya bersedekah :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Status YM Saya

Kategori

Renungan di Twitter

  • Sesungguhnya menyambung tali silaturahmi itu adalah kunci kelapangan rizki dan dipanjangkannya umur (HR. Bukhari, shahih) 4 years ago
  • .....dan tiada taufiq bagiku melainkan dari Allah swt.... 4 years ago
  • "Sampaikanlah walau satu ayat" 4 years ago
  • Brngsiapa mncintai krn Allah,membnci krn Allah,memberi krn Allah,& mnahan pmberian krn Allah, sngguh ía tlh rnnympurnakn imanya(HR.Abu Daud) 4 years ago
  • “Tidak ada yang lebih berat timbangan seorang hamba pada hari kiamat melebihi keluhuran akhlaknya.” (HR. Abu Daud dan AT-Tirmizi) 4 years ago

Arsip

Februari 2010
J S M S S R K
« Jan    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728  

Statistik Blog

  • 888,618 hits

Halaman

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: