cahya islam

CINTA SESAMA MUSLIM

Posted on: 1 Mei 2009

Allah swt menciptakan manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan dan hidup berdampingan. Semua umat muslim adalah bersaudara. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga hubungan satu sama lain dengan mencintai sesama muslim. Mencintai sesama muslim merupakan salah satu bukti keimanan setiap muslim. Sikap ini juga dianjurkan oleh Rasulullah saw dalam sabda beliau. Dari Abu Hamzah Anas bin Malik, Nabi Muhammad saw bersabda: “Tidaklah sempurna keimanan salah seorang di antara kamu sehingga ia mencintai bagi saudaranya (sesama muslim) segala sesuatu yang dia cintai bagi dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mencintai sesama muslim dapat dibuktikan dengan berbuat baik pada saudara muslim lainnya. Seorang muslim akan merasa senang jika saudaranya memiliki agama yang baik, aqidah yang benar, tutur kata yang bagus, serta perbuatan yang baik. Ia senang jika saudaranya mendapatkan kebaikan-kebaikan sepeti kesehatan, kecukupan rizki, sejahtera, kedudukan, dan sebagainya.

Sebaliknya, seorang muslim akan tidak senang jika saudaranya hidup sengsara, miskin, dan menderita. Ia pun akan benci bila saudaranya jauh dari agama, selalu berbuat maksiat dan hal tidak baik lainnya. Bila ini terjadi, seorang muslim yang baik akan senantiasa ikhlas menolong saudaranya itu serta menuntunnya kembali ke jalan yang benar/sesuai dengan syariat agama.

Saling tolong-menolong memang kewajiban umat muslim, dan merupakan bukti cinta terhadap sesama muslim. Ini adalah  perbuatan yang terpuji dan disunnahkah. Salah satunya adalah mendahulukan kepentingan saudaranya dalam urusan dunia, seperti bila mendapatkan saudaranya sedang dalam kesulitan. Namun perlu diingat, dimakruhkan bagi seorang muslim mendahulukan kepentingan saudaranya dalam urusan akhirat.

Cinta dan kasih antara sesama muslim dapat dilakukan di mana saja. Di tempat kerja, di sekolah, di rumah, dengan tetangga, bahkan di tempat-tempat umum. Cinta yang terjalin diantara sesama muslim yang tumbuh dan berkembang dengan subur tentunya akan menumbuhkan ukhuwah yang harmonis. Dengan begitu, akan timbul kekuatan yang akan menyatukan muslim demi masa depan umat.

Selain itu, cinta yang terjalin pada sesama muslim akan menghasilkan kelapangan dada dan tautan hati pada setiap muslim untuk saling memberikan senyuman dan keikhlasan. Bukankah senyum itu salah satu ibadah yang disunnahkan bagi setiap muslim?

Mencintai sesama muslim merupakan sayarat kesempurnaan keimanan sekaligus kesempurnaan setiap muslim sebagai manusia. Sudah saatnya seluruh umat muslim menyadari bahwa mencintai terhadap sesama adalah salah satu modal untuk mewujudkan umat yang bersatu dan tetap damai. Sudah saat nya kita menebarkan cinta dan kasih sayang kepada saudara-saudara kita dengan tulus dan ikhlas.

Tag:

6 Tanggapan to "CINTA SESAMA MUSLIM"

salam taaruf akhi….. blognya bagus, lanjutkan!!!

blog anada menarik juga, insyaallh sy akan berkunjung kembali

terimakasih ilmunya.. tapi mengapa ya ada beberapa yang suka makan tulang kawan:/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Status YM Saya

Kategori

Renungan di Twitter

  • Sesungguhnya menyambung tali silaturahmi itu adalah kunci kelapangan rizki dan dipanjangkannya umur (HR. Bukhari, shahih) 7 years ago
  • .....dan tiada taufiq bagiku melainkan dari Allah swt.... 7 years ago
  • "Sampaikanlah walau satu ayat" 7 years ago
  • Brngsiapa mncintai krn Allah,membnci krn Allah,memberi krn Allah,& mnahan pmberian krn Allah, sngguh ía tlh rnnympurnakn imanya(HR.Abu Daud) 7 years ago
  • “Tidak ada yang lebih berat timbangan seorang hamba pada hari kiamat melebihi keluhuran akhlaknya.” (HR. Abu Daud dan AT-Tirmizi) 7 years ago

Arsip

Mei 2009
J S M S S R K
« Apr   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Statistik Blog

  • 1,873,845 hits

Laman

%d blogger menyukai ini: