cahya islam

Kurma, Sehat Ala Nabi Muhammad saw

Posted on: 4 Mei 2009

Pada umumnya kurma banyak dikonsumsi masyarakat muslim saat bulan puasa, yaitu ketika berbuka. Hal ini dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw yang memakan kurma ketika berbuka puasa. Dan ternyata, kurma memang makanan yang paling bagus disantap saat buka puasa karena mengandung semua unsure makanan pokok yang dibuthkan tubuh yaitu gula, protein, lemak, mineral, dan vitamin.

Dari Anas ra, beliau berkata, “Rasulullah saw berbuka puasa sebelum sholat dengan memakan kurma segar, kalau tidak ada maka dengan kurma kering, dan kalau tidak ada beliau meminum beberapa teguk air.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Kurma memang buah yang istimewa, baik dilihat dari khasiatnya serta penciptaan buah kurma itu sendiri. DI dalam Al Quran, Allah swt mengutamakan kurma dengan menyebutkan cirri-ciri pohon dan buah ini.

Firman Allah swt:

“Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang memiliki kelopak mayang.” (QS. Ar-Rahman: 11)

“Dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun.” (QS. Qaaf: 10)

“Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanam-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanam-tanaman di atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Ra’d: 4)

Allah swt memang menciptakan buah kurma dengan istimewa. Di dalam kurma mengandung banyak manfaat. Dalam beberapa hadits disebutkan bahwa Nabi Muhammad saw menganjurkan kita untuk mengkonsumi tujuah buah kurma. Bila ditimbang, tujuh buah kurma sama dengan sekitar 100 gram dengan kandungan yang lengkap seperti:

  1. Gula = 75,00 gram
  2. Serat selulosa = 4,00 gram
  3. Air = 22,50 gram
  4. Protein = 2,50 gram
  5. Lemak = 2,50 gram
  6. Vitamin-vitamin, seperti Vitamin A = 60 IU, Vitamin B-1 = 0, 08 miligram, Vitamin B-2 = 0, 05 miligram
  7. Mineral yang penting bagi tubuh yaitu:
    Potasium = 79 miligram
    Tembaga = 21 miligram
    Belerang = 65 miligram
    Besi = 5 miligram
    Magnesium = 65 miligram
    Mangan = 2 miligram
    Kalsium = 65 miligram
    Fosfor = 72 gram

Dengan kandungan-kandungannya yang bernanfaat, tentu saja kurma sangat berguna untuk menjagakesehatan tubuh. Bila ditinjau dari sisi medis danpengobatan oleh beberap ahli dan dokter,t ujuh buah kurma (100 gram) dapat memberikan lebih dari 350 energi. Selain itu, manfaat kurma bagi kesehatan tubuh antara lain:

  • Sebagai antioksidan dalam tubuh
  • Serat selulosa berguna untuk membangkitkan kerja usus, sebagai obat mujarab untuk penyembuhan yang disebabkan kurang makan. Serat ini tidak dapat dicerna oleh alat pencernaan kita, sehingga dapat menjaga tubuh supaya terhindar dari kekurangan makanan dalam perut.
  • Vitamin A yang berguna untuk kesehatan dan ketajaman mata serta untuk mencegah terjadinya infeksi.
  • Fosfor dan kalsium dalam kurma diperlukan untuk membentuk tulang dan gigi yang sehat. Fosfor juga berperan penting sebagai nutrisi otak, sehingga bila dikonsumsi teratur, dalam jangka panjang berefek mencerdaskan otak.
  • Magnesium penting sekali bagi aktivitas kehidupan di dalam tubuh, serta untuk menjaga diri dari penyakit.
  • Besi sangat penting untuk aktivitas pembentukan hemoglobin dan zat darah merah dalam sumsum tulang. Oleh karena itu, ia diperlukan untuk melindungi manusia dari kekurangan darah.
  • Seng, diperlukan untuk mengobati penyakit sensitivitas tubuh.
  • Kurma kering mengandung aspirin (acetylsalicylic acid) alami yang dapat mengurangi rasa sakit (analgesic).
  • Kalium (potassium) signifikan untuk mengatasi kelelahan, membuat organ jantung bekerja lebih optimal, mengaktifkan kontraksi otot, dan berperan dalam pengaturan tekanan darah.
  • Kurma sangat bagus untuk wanita yang sedang hamil. Wanita hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan makanan dan minuman yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan jabang bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan mengatur kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi. Kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh. Selain itu, kurma dapat memperlancar ASI.

(Dari berbagai sumber)

2 Tanggapan to "Kurma, Sehat Ala Nabi Muhammad saw"

Gula = 75,00 gram
Serat selulosa = 4,00 gram
Air = 22,50 gram
Protein = 2,50 gram
Lemak = 2,50 gram

hitung lagi!

75+4+22,5+2,5+2,5 = 106,5 gr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Status YM Saya

Kategori

Renungan di Twitter

  • Sesungguhnya menyambung tali silaturahmi itu adalah kunci kelapangan rizki dan dipanjangkannya umur (HR. Bukhari, shahih) 7 years ago
  • .....dan tiada taufiq bagiku melainkan dari Allah swt.... 7 years ago
  • "Sampaikanlah walau satu ayat" 7 years ago
  • Brngsiapa mncintai krn Allah,membnci krn Allah,memberi krn Allah,& mnahan pmberian krn Allah, sngguh ía tlh rnnympurnakn imanya(HR.Abu Daud) 7 years ago
  • “Tidak ada yang lebih berat timbangan seorang hamba pada hari kiamat melebihi keluhuran akhlaknya.” (HR. Abu Daud dan AT-Tirmizi) 7 years ago

Arsip

Mei 2009
J S M S S R K
« Apr   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Statistik Blog

  • 1,873,845 hits

Laman

%d blogger menyukai ini: