cahya islam

Menghibur Diri Dengan Sholat

Posted on: 4 Mei 2009

Di tengah kesulitan yang melanda, khususnya krisis perekonomian, banyak orang merasa putus asa dalam hidupnya. Belum lagi berbagai persoalan lain yang tak kunjung habisnya.Saking putus asanya, tak jarang dari mereka memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri, naudzubillah….  Oleh karena itu, disinilah agama mengajarkan kita untuk selalu berserah kepada Sang pemilik segalanya,  Allah swt.

Islam memang agama yang sempurna. Perintah sholat tak hanya menjadikan umat Islam wajib melaksanakannya, namun begitu banyak manfaat di balik sholat bila kita mengkajinya. Salah satunya adalah membuat hati tenang dan terhibur.

Sholat dapat membuat kita terhibur. Terutama bila dilakukan dengan khusyuk. Nabi Muhammad saw pernah berkata kepada Bilal ra yang pada waktu  itu sedang  tampak lesu menghadapi penatnya kehidupan.”Hiburlah  kita dengan sholat, hai Bilal!” kata Nabi Muhammad saw.

Menghibur hati dan diri tidaklah harus dengan dilakukan dengan biaya yang mahal ataupun dengan luapan perasaan yang terlalu gembira. Banyak orang yang merasa bahwa dengan berlibur ke suatu tempat ataupun bersenang-senang di diskotik akan dapat menghilangkan stress dan kepenatan. Namun, hal tersebut hanya dapat  menghilangkan stress untuk sejenak. Begitu waktu liburan sudah habis, mereka akan kembali berkutat dengan kesibukannya masing-masing dan cenderung menjadi stress kembali.

Sebagai gantinya, sebenarnya kita bisa menghibur hati sekaligus mengistirahatkan diri dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.  Pelesir dan berlibur ke tempat rekreasi boleh dilakukan sesekali, itu pun bila situasi dan kondisi (terutama keuangannya) memungkinkan. Oleh karena itu, seorang muslim ketika dilanda kepenatan, kegelisahan, dan kesulitan, hiburan yang wajib dilakukan adalah kembali mengingat Allah swt, yaitu dengan berzikir kepada Allah swt, membaca Al Quran, serta melaksanakan segala yang disunnatkan-Nya.

Dengan begitu, Allah swt akan memberikan kita ketenangan hati dan jiwa. Hiburan yang akan diberikan Allah swt bila kita selalu taat pada-Nya insya Allah tak hanya di dunia, namun di kelak di akhirat juga. Wallahu a’lam bish-shawab.

Tag:

4 Tanggapan to "Menghibur Diri Dengan Sholat"

artikel yang menarik. Banyak manusia yang cari hiburan diluar rumah karena dirumahnya sendiri sudah suntuk.
Dengan sholat Insya Allah banyak yang kita dapatkan.
Sholat juga merupakan perwujudan rasa syukur kita kepada Allah Swt dan wujud penghambaan kita kepada-Nya.Sholat juga menghindarkan kita dari perbuatan keji dan munkar.

Selamat dan sukses.
Abdul Cholik

Betul sekali mas. terima kasih sudah mampir, selamat dan sukses juga buat mas cholik.

اِ نْ شَآ ءَ اللّهُُ sangat bermanfaat izin reblog ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Status YM Saya

Kategori

Renungan di Twitter

  • Sesungguhnya menyambung tali silaturahmi itu adalah kunci kelapangan rizki dan dipanjangkannya umur (HR. Bukhari, shahih) 7 years ago
  • .....dan tiada taufiq bagiku melainkan dari Allah swt.... 7 years ago
  • "Sampaikanlah walau satu ayat" 7 years ago
  • Brngsiapa mncintai krn Allah,membnci krn Allah,memberi krn Allah,& mnahan pmberian krn Allah, sngguh ía tlh rnnympurnakn imanya(HR.Abu Daud) 7 years ago
  • “Tidak ada yang lebih berat timbangan seorang hamba pada hari kiamat melebihi keluhuran akhlaknya.” (HR. Abu Daud dan AT-Tirmizi) 7 years ago

Arsip

Mei 2009
J S M S S R K
« Apr   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Statistik Blog

  • 1,873,845 hits

Laman

%d blogger menyukai ini: