cahya islam

Dakwah Islam dalam Film Ketika Cinta Bertasbih

Posted on: 11 Juni 2009

Satu lagi film Indonesia bernafaskan Islam yang baru tayang di layar lebar, berjudul Ketika Cinta Bertasbih (KCB). Film ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat muslim Indonesia, karena sarat akan dakwah Islam. KCB merupakan film yang diangkat dari salah satu novel laris karya Habiburahman El-Shirazy dengan judul yang sama.

Film KCB menceritakan perjuangan seorang pemuda muslim yang sedang kuliah di Kairo, Mesir, dimana ia lebih memilih untuk giat bekerja sampingan sebagai pembuat tempe demi membiayai kehidupan ibu dan adik-adiknya di kampung, serta biaya kuliahnya sendiri, sehingga pendidikannya terlantar. Pemuda tersebut bernama Khairul Azzam, seorang yang sangat alim, cerdas, dan taat beribadah.  Selain itu, dikupas pula sisi romantisme islami dalam film ini.

Pesan moral yang terpenting dalam film KCB adalah  dakwah untuk pergaulan pemuda/pemudi. Selain etos kerja dan kerja keras, diceritakan pula perjuangan Khairul Azzam dalam menemukan jodohnya dengan tetap selalu teguh berpedoman kepada ajaran agama.

Setting film ini benar-benar disesuaikan dengan gambaran yang ada di novel. Penonton benar-benar akan dimanjakan dengan pemandangan kota Kairo, Sungai Nil, Pyramid, Sphinx, kota Alexandria dengan pemandangan laut Mediterania yang indah, Benteng Qait Bay, dan tempat-tempat di Mesir lainnya yang sangat menarik dalam film ini.

Film KCB yang bernuansa religi ini insya Allah memberikan hikmah dan pelajaran, mengingat selama ini lebih banyak film bertema cinta yang hanya mengedepankan sisi picisan dan kekerasan. Beberapa hikmah yang dapat diambil selain pesan-pesan dakwah yang telah disebutkan di atas antara lain tentang keihklasan, pengorbanan, motivasi, dan arti cinta sebenarnya.

Nampaknya kang Abik (penggilan Habiburahman El-Shirazy) akan mengulang sukses yang sama ketika novel sebelumnya yaitu Ayat-Ayat Cinta diangkat ke layar lebar. Dan kali ini, KCB dipercayakan kepada sutradara handal, Chaerul Umam. Untuk para pemainnya, sebelumnya telah diadakan casting dan menghasilkan wajah-wajah baru di dunia perfilman Indonesia.

1 Response to "Dakwah Islam dalam Film Ketika Cinta Bertasbih"

Memang KCB sangat cocok untuk dakwah Islam saat ini karena dapat memperbaiki moral pergaulan muda-mudi dalam Islam.
Kasih komentar di Pengalaman menggunakan layanan telkomsel ya?… biar rame.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Status YM Saya

Kategori

Renungan di Twitter

  • Sesungguhnya menyambung tali silaturahmi itu adalah kunci kelapangan rizki dan dipanjangkannya umur (HR. Bukhari, shahih) 7 years ago
  • .....dan tiada taufiq bagiku melainkan dari Allah swt.... 7 years ago
  • "Sampaikanlah walau satu ayat" 7 years ago
  • Brngsiapa mncintai krn Allah,membnci krn Allah,memberi krn Allah,& mnahan pmberian krn Allah, sngguh ía tlh rnnympurnakn imanya(HR.Abu Daud) 7 years ago
  • “Tidak ada yang lebih berat timbangan seorang hamba pada hari kiamat melebihi keluhuran akhlaknya.” (HR. Abu Daud dan AT-Tirmizi) 7 years ago

Arsip

Juni 2009
J S M S S R K
« Mei   Jul »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Statistik Blog

  • 1,873,845 hits

Laman

%d blogger menyukai ini: